Rabu, 15 Mei 2013

Unpar Teliti Pengaruh Keasaman Air Bagi Kesehatan

Sumber: kapanlagi.com
Selasa, 22 Desember 2009 08:13:00

Kapanlagi.com

1
 


Kapanlagi.com - Staf pengajar Universitas Palangkaraya (Unpar), Kalimantan Tengah (Kalteng) melakukan penelitian pengaruh tingkat keasaman air di kawasan Anjir Serapat, Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas terhadap kesehatan warga setempat. "Akibat tingkat keasaman air tersebut ternyata penyakit yang banyak diderita masyarakat setempat adalah tukak lambung dan penyakit jaringan bawah kulit," demikian hasil penelitian yang diterbitkan guru besar Unpar, Prof HM Norsanie, edisi kesembilan yang diperoleh di Palangkaraya, Minggu.
Hasil penelitian diperoleh ternyata air di terusan Anjir serapat pH air sampai titik kulminasi terendah 3,88 dan tertinggi 5,5.
Dari data tersebut berarti air di Anjir Serapat tidak mencapai batas terendah pada nilai ambang batas (NBA) 5,6 dan dengan demikian kasus kesehatan masyarakat yang diperoleh dari data Puskesmas setempat adalah tukak lambung dan jaringan bawah kulit itu.
Oleh karena itu hasil penelitian merekomendasikan agar warga masyarakat setempat perlu diberikan skill untuk mengolah air minum yang memenuhi standard yang telah ditetapkan, agar warga setempat memperoleh hidup yang layak seperti warga masyarakat yang bertempat tinggal di daerah lain.
Disebutkan metode penelitian ini sifatnya kausal komparatif untuk menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara mengukur beberapa kali terhadap keasaman air di Anjir Serapat dalam interval waktu setiap tiga bulan sebanyak empat kali pengukuran dalam setahun.
Populasi penelitian seluruh air di sepanjang terusan Anjir Serapat dalam wilayah Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas Kalteng, sedangkan pengambilan sampelnya diambil tujuh lokasi masing-masing lokasi diukur setiap dua kilometer.
Alat penelitian terdiri dari pH meter buatan Australia, pedoman observasi pH meter untuk mengetahui dan mengukur setiap sampel air di masing-masing lokasi, serta mencatat setiap perbedaan setiap waktu pengukuran.
Sedangkan pedoman observasi untuk melihat kasus yang terjadi pada Puskesmas atas keluhan masyarakat dan hasil pemeriksaan dokter terhadap keluhan yang terbanyak. Sedangkan analisis menggunakan uji statistik korelasional.
Perlu diketahui terusan Anjir Serapat merupakan kawasan bergambut di Kabupaten Kapuas dengan warna air agak kecoklatan, terusan ini merupakan jalur lalu-lintas angkutan air yang padat. (ant/roc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar